Teknik Dasar Renang Gaya Dada Yang Benar Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Renang Gaya Dada Yang Benar Beserta Gambarnya – Renang adalah olahraga air yang dapat membuat tubuh kita lebih sehat dan jika dalam masa pertumbuhan maka kita akan tumbuh lebih tinggi. Karena dalam berenang maka seluruh anggota tubuh kita bergerak agar tidak tenggelam. Renang juga dapat melatih pernafasan kita, banyak sumber menyebutkan jika dengan berenang maka dapat mencegah penyakit sesak nafas.

Renang Gaya Dada

Renang Gaya Dada (swimmingworld)

Gaya renang sangat bermacam macam, ada renang gaya bebas, renang gaya dada dan renang gaya kupu kupu. Semua kategori tersebut mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda beda, namun menurut admin gaya renang paling muda adalah renang gaya bebas. Hal tersebut dikarenakan gaya renang bebas tidak memerlukan gerakan tangan yang kusus. Sedangkan untuk renang gaya dada kita harus mengetahui teknik keseimbangan gerakan tangan dan kaki.

Renang gaya dada juga sering disebut dengan renang gaya katak. Renang gaya ini enak dilakukan jika kita berenang diwaktu yang santai. Tenaga yang dikeluarkan untuk renang gaya ini tidak terlalu besar, kecuali untuk perlombaan kita harus cepat karena kita balapan dengan peserta yang lain. Namun jika tidak dalam perlombaan, gaya dada ini cocok karena kita dapat mengatur nafas dengan baik. Untuk Anda yang ingin belajar, berikut ini teknik cara berenang gaya dada yang dapat Anda latih di rumah.

Teknik Latihan Cara Renang Gaya Dada Dengan Baik dan Benar Beserta Gambarnya :

1. Teknik Meluncur
Teknik ini merupakan awalan dari berenang, jika Anda dapat melakukan ini dengan baik maka dalam perlombaan Anda mempunyai awalan yang lebih jauh dari peserta lain. Untuk melakukan latihan tenik meluncur, berikut ini caranya.

  • Badan berdiri tegak dan menempel di pinggir kolam renang, kemudian satu kaki Anda harus menempel pada bagian samping dinding kolam renang.
  • Langkah kedua posisi badan harus membungkuk sejajar permukaan air dan posisi kedua tangan lurus kearah depan kemudian menghimpit kepala lurus dengan daun telinga.
  • Ketiga yaitu untuk mendapatkan luncuran yang jauh dan cepat maka kaki Anda harus mendorong dengan kuat. Setelah meluncur posisi kaki, tangan dan tubuh harus lurus sejajar permukaan Air dan jangan lupa untuk menjaga keseimbangan badan.

Baca Juga : Macam macam gaya renang Beserta Gambarnya

2. Teknik Latihan Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Katak
Cara melatih gerakan kaki pada gaya katak ini sangat penting, karena dengan gerakan kaki yang benar maka dapat menambah kecepatan kita saat berenang. Selain dilatih di kolam renang, usahakan untuk olahraga lari. Karena itu dapat membantu Anda dalam melatih ketahanan kaki saat berenang. Berikut ini cara melatih gerakan kaki saat berenang gaya katak.

  • Pertama setelah meluncur posisi badan harus terlungkup sejajar dengan air kolam.
  • Langkah kedua tarik kaki secara bersamaan ke samping, kemudian kaki diluruskan kembali seperti posisi kaki katak saat berenang.
  • Ketiga lakukan lecutan saat kaki akan melakukan gerakan menutup.
  • Lakukan gerakan tersebut dengan santai agar gerakannya benar, kemudian lakukan secara berulang sampai benar, atau lihat gambar dibawah ini.
Gerakan Kaki Renang Gaya Dada

Gerakan Kaki Renang Gaya Dada

3. Teknik Latihan Gerakan Tangan Pada Renang Gaya Dada
Latihan teknik gerakan tangan renang gaya dada juga penting, karena selain gerakan kaki dorongan saat berenang juga dihasilkan dari ayunan kedua tangan. Pada saat mengambil nafas juga diperlukan gerakan tangan yang benar agar air tidak masuk saat kita bernafas, berikut ini teknik latihan gerakan tangan renang gaya dada.

  • Setelah meluncur kemudian Anda harus meluruskan kedua tangan dan kepala sejajar dengan permukaan air.
  • Kedua lakukan gerakan menarik kedua tangan ke arah dada, pada saat itu Anda juga harus secara bersamaan mendayung air dengan kedua telapak tangan, lihat gambar dibawah ini.
Latihan Gerakan Tangan Renang Gaya Dada

Latihan Gerakan Tangan Renang Gaya Dada

4. Teknik Gerakan Mengambil Nafas Pada Renang Gaya Dada
Teknik bernafas pada gaya dada sangat penting dilatih, karena jika kita tidak dapat mengambil nafas dengan benar maka dapat mengakibatkan tenaga kita cepat habis dan akhirnya membuat gerakan kita lebih lambat. Yang perlu diperhatikan dalam mengambil nafas adalah kepala harus naik keatas permukaan air saat menghirup udara, hal ini dilakukan ketika tangan diayunkan kebelakang dan condong kebawah. Karena gerakan tersebut dapat membuat badan sedikit terangkat dan memudahkan untuk bernafas, setelah itu buang nafas didalam air secara pelan pelan.

Latihan Gerakan Pernafasan Renang Gaya Dada

Latihan Gerakan Pernafasan Renang Gaya Dada

Teknik dasar Renang Gaya dada Beserta gambarnya di atas dapat Anda lakukan atau latih secara bertahap, dapat mulai dari melatih kaki, gerakan tangan kemudian latihan bernafas. Namun jika Anda berlum bisa sama sekali berenang, maka disarankan harus ada pengawas atau pelatih agar keselamatan Anda dapat terjaga.

Teknik Dasar Renang Gaya Dada Yang Benar Beserta Gambarnya | perpus | 4.5
Leave a Reply