Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya Lengkap

Teknik Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya РRenang Gaya Bebas adalah jenis gaya renang dengan posisi badan menghadap ke air dan tangan secara bergantian melakukan gerakan mengayuh agar tubuh bergerak kedepan. Dalam bahasa Inggris, renang haya bebas disebut dengan free swim style. Dalam melatih teknik renang gaya bebas kita harus mempunyai kekuatan fisik yang baik, agar kuat renang jarak jauh.

Gambar Renang Gaya Bebas

Gambar Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas ini tekniknya diatur oleh FINA, sedangkan untuk renang gaya dada, gaya punggung diatur oleh FINA. Sejarah renang gaya bebas ini awalnya dilombakan pada tahun 1844 di London, namun untuk pertama kali renang gaya bebas ini diperkirakan sudah ada sejak zaman kuno. Gaya renang bebas ini juga dianggap tidak elegan oleh sebagian perenang Inggris, hal itu dikarenakan saat berenang akan membuat banyak percikan.

Teknik renang gaya bebas ini harus dilakukan dengan baik, karena jika tidak menguasinya dapat mengakibatkan kaki cepat mengalami kram dan kita kesulitan untuk melakukan pernafasan. Untuk Anda yang ingin melakukan atau ingin tahu teknik dasar renang gaya bebas, berikut ini caranya yang dapat Anda lakukan di rumah.

Teknik Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya :

1. Posisi Tubuh dalam Kolam Renang Saat Melakukan Gaya Bebas
Pastikan tubuh harus lurus dan rata dengan permukaan air, tubuh jangan terlalu masuk kedalam air. Karena hal tersebut dapat membuat kita berat untuk berenang karena badan kita yang terkena air sangat banyak.

2. Teknik Gerakan Kaki Renang Gaya Bebas
Gerakan kaki sangat penting, karena kaki dapat membuat daya dorong yang besar agar tubuh dapat bergerak. Saat berenang, kaki harus lurus dan lutut tidak boleh ditekuk. Karena jika lutut kita ditekuk maka hal tersebut akan memperlambat kecepatan kita. Pada kaki yang bergerak adalah pangkal paha, lakukan secepat mungkin seperti kita berjalan cepat namun harus tetap lurus dan mencambuk air.

Untuk melatih gerakan kaki ini Anda dapat berpegangan apada pinggir kolam kemudian kaki Anda melakukan gerakan di atas sampai terasa kaki sudah benar dan ada dorongan kedepan. Lakukan latihan secara rutin agar didapat hasil yang maksimal.

Gambar gerakan kaki renang gaya bebas

Gambar gerakan kaki renang gaya bebas

3. Teknik Gerakan Tangan Pada Renang Gaya Bebas
Selain kaki, tangan juga mempunyai peran yang sangat penting dalam renang gaya bebas. Dengan kekuatan tangan yang besar maka akan membuat kecepatan renang kita juga bertambah. Gerakan tangan saat berenang gaya bebas seperti kita mengayuh, namun jari jari harus menyerupai tangan atau kaki katak. Hal tersebut dikarenakan dapat membuat kita berenang lebih cepat.

Kekuatan tangan kanan dan kiri harus seimbang, karena jika tidak maka dapat mengakibatkan arah kita akan melenceng atau ketika kita renang akan berbelok arah. Selain itu Anda juga harus membuka mata saat berenang atau jika perlu harus menggunakan kacamata.

renang gaya bebas

Gambar gerakan tangan renang gaya bebas (wikipedia)

4. Teknik Mengambil Nafas Renang Gaya Bebas
Cara mengambil nafas saat berenang gaya bebas juga sangat penting, karena jika kita salah melakukan hal ini maka kita dapat menelan air dalam kolam renang. Ketika mengambil nafas pastikan jika tangan Anda berada pada posisi mengayuh keatas dan akan kedepan. Penyesuaian tangan sesuai dengan arah Anda menarik nafas.

Baca juga : Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Gambarnya

Jadi ketika Anda mengambil nafas ke arah kanan, Anda harus menoleh ke kanan dan tangan kanan berada di posisi atas setelah mengayuh dan mengarahkannya kedepan. Jika Anda menoleh kekiri pastikan tangan kiri Anda berada di atas. Pengambilan nafas saat berenang biasanya dilakukan setelah gerakan tangan kiri dan tangan kanan mengayuh sebanyak 1 kali.

Teknik Renang Gaya Bebas di atas dapat Anda lakukan sendiri di rumah, untuk Anda yang belum bisa renang sama sekali sebaiknya tidak langsung pada kolam yang dalam. Jika diperlukan untuk privat atau pembimbing silahkan minta bantuan teman atau guru Anda agar cepat bisa berenang.

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya Lengkap | perpus | 4.5