Profil Lengkap Negara Di Asia Tenggara (ASEAN) Sebagai Pendiri Utamanya

Profil Lengkap Negara di Asia Tenggara (ASEAN) Sebagai Pendiri Utamanya – ASEAN atau Association Southeast Asian Nation adalah perhimpunan negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Perhimpunan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama di segala bidang seperti ekonomi, budaya, pendidikan, sosial, keamanan, dan lainnya. Profil Lengkap Negara di Asia Tenggara (ASEAN) yang dianggap sebagai pendiri berjumlah lima negara. Mereka adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Masing-masing negara diutus oleh perdana menteri atau menteri luar negeri. Saat ini, anggota ASEAN adalah 10 negara dengan masuknya Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam.

Profil Negara Negara ASEAN

Profil Negara Negara ASEAN

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan deklarasi Bangkok. Indonesia diwakili oleh Adam Malik yang ikut menandatangani piagam tersebut. Pada tanggal 7 Januari 1984. Brunei Darusalam masuk sebagai anggota keenam disusul Vietnam pada tanggal 28 Juli 1995 sebagai anggota ketujuh. Laos dan Myanmar masuk pada tanggal yang sama yaitu 23 Juli 1997 dan terakhir adalah Kamboja. Wilayah ASEAN meliputi seluruh daerah di Asia Tenggara dan organisasi ini juga bekerjasama dengan beberapa negara lain. Timor Leste merupakan negara baru yang masih pada tahap penjajakan untuk masuk ke ASEAN. Untuk mengenal profil Lengkap Negara di Asia Tenggara (ASEAN) lebih lanjut, simak ulasan dibawah ini.

Lima negara dalam profil Lengkap Negara di Asia Tenggara (ASEAN) :

1. Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di ASEAN. Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar sehingga berperan aktif dalam pendirian dan pengembangan organisasi ini. Jika menyebut profil Lengkap Negara di Asia Tenggara (ASEAN), nama Indonesia tidak dapat dipisahkan. Indonesia beribukota di Jakarta dengan lebih dari tiga puluh provinsi yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Mata uang yang digunakan adalah rupiah dengan bentuk pemerintahan presidensial. Ekonomi Indonesia terdiri dari industri, pertambangan, dan pertanian. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 setelah menang melawan penjajahan Belanda dan Jepang.

2. Malaysia
Malaysia terletak di semenanjung malaka dan bagian utara Pulau Borneo. Ibukota adalah Putra Jaya, sebelumnya adalah Kuala Lumpur. Wakil dari Malaysia yang ikut menandatangani deklarasi bangkok adalah Tun Abdul Razak. Malaysia berbatasan langsung dengan Indonesia dan Thailand serta Singapura. Mata uang negara ini adalah Ringgit.

3. Singapura
Wakil Singapura saat pendirian ASEAN adalah S. Rajaratnam. Negara ini merupakan sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh Malaysia dan Indonesia. Singapura merupakan salah satu negara maju dengan perekonomian yang sangat baik. Dari profil Lengkap Negara di Asia Tenggara (ASEAN), Singapura berada pada daftar puncak negara dengan pendapatan perkapita tertinggi. Selain itu, Singapura juga sebagai negara dengan tingkat pendidikan terbaik. Universitas di Singapura masuk dalam lima puluh besar terbaik di dunia.

4. Thailand
Thailand berbatasan beberapa negara lain di Asean, terutama Indochina. Yang menarik dari Thailand adalah tidak pernah dijajah oleh negara manapun. Prancis menguasai hampir seluruh Vietnam, Myanmar, Laos, dan Kamboja. Namun, Thailand merupakan negara penyangga atau netral. Wakil Thailand pada pendirian ASEAN adalah Thanat Khoman. Negara ini beribukota di Bangkok. Profil Lengkap Negara di Asia Tenggara (ASEAN) akan selalu menyertakan Thailand karena terkenal dengan pariwisatanya.

5. Filipina
Negara kepulauan lain di ASEAN adalah Filipina. Negara ini bebas dari penjajahan Spanyol dan Amerika. Ibukotanya terletak di Manila. Filipina diwakili oleh Narsico Ramos ketika penandatanganan deklarasi bangkok. Negara ini berada pada jalur gunung berapi aktif.

Profil 5 Negara di atas merupakan negara pendiri ASEAN, saat ini ASEAN terdiri dari 10 Negara. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi Pengertian dan Tujuan ASEAN.

Profil Lengkap Negara Di Asia Tenggara (ASEAN) Sebagai Pendiri Utamanya | perpus | 4.5
Leave a Reply