Macam Macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugas dan Fungsinya

Macam Macam Nama Posisi Pemain Bola Voli Sesuai Tugas dan Fungsinya – Dalam permainan bola voli pastinya terdapat pemain bola voli yang mempunyai tugas dan fungsinya sesuai dengan formasi dan posisinya saat bertanding. Karena pengetahuan tentang posisi dalam permainan bola voly ini sangat penting agar saat pertandingan dapat bermain dengan baik serta sesuai arahan dari sang pelatih.

Posisi Pemain Bola Voli

Posisi Pemain Bola Voli (img:wikihow)

Dalam permainan bola voli sebenarnya tidak hanya tahu tentang teorinya saja, namun harus mengetahui tentang teknik dasar bola voli yang wajib dikuasai oleh seorang pemain. Hal dasar tersebut seperti cara passing, servis, blocking dan smash. Karena jika tidak menguasai pastinya sang pemain akan mengalami kesulitan saat menerapkan strategi yang diberikan oleh pelatih.

Untuk Anda yang ingin mengetahui jenis posisi pemain dalam permainan bola voli, berikut ini perpustakaan.id akan berikan untuk Anda. Pelajari hal ini dengan baik agar nanti Anda dapat menjadi pemain voli yang handal dan bisa juga menjadi atlit bola voli Nasional.

Macam Macam Posisi Pemain Bola Voli :

1. Server.
2. Libero atau Defender.
3. Spiker atau Smasher.
4. Set-Upper atau Toser.

Posisi Server Pemain Bola Voli

Posisi Server Pemain Bola Voli (img:fivb.com)

1. Server
Server adalah posisi pemain saat melakukan servis, pada posisi ini setiap pemain akan bergantian melakukan servis. Setelah itu sang pemain kembali lagi ketengah lapangan dan kembali keposisi awal seperti menjadi spiker atau tosser.

Baca juga : Teknik Dasar Bola Voli

Posisi Libero Dalam Permainan Bola Voli

Posisi Libero Dalam Permainan Bola Voli (img:fivb.com)

2. Libero atau Defender
Libero atau Defender adalah posisi pemain bola voli yang berfungsi sebagai pemain bertahan, pada posisi ini sang pemain harus tahu arah datangnya serangan lawan. Tugas utama dari seorang defender atau Libero adalah menjaga agar serangan lawan dapat dikembalikan atau ditahan, jika tim diserang defender berada di belakang blocker.

Posisi Smash Permainan Bola Voli

Posisi Smash Permainan Bola Voli (img:updatesportsinfo4u.blogspot.com)

3. Spiker atau smasher
Spiker atau smasher adalah posisi yang sangat menentukan untuk tim untuk mendapatkan poin, pada posisi ini pemain berada di dekat net dan tosser (baik di depan maupun belakang tosser). Tugasnya adalah untuk melakukan serangan dengan smash, smash yang baik akan membuat bola masuk ke daerah lawan sehingga tim memperoleh poin. Setelah melakukan smash posisi pemain smasher ini juga berfungsi sebagai blocker untuk menghadang serangan lawan.

Posisi Toser Permainan Bola Voli

Posisi Toser Permainan Bola Voli (img:1080.plus)

4. Set-Upper atau Toser
Set-Upper atau Tosser adalah posisi pemain sebagai pengatur serangan dan pengumpan bola kepada smasher, tugas dari seorang tosser adalah memberikan umpan yang baik kepada smasher agar diperoleh pukulan yang baik. Perlu kecerdikan jika menjadi seorang tosser, umpan dengan waktu yang tepat dan arah bola sangat penting untuk memperoleh poin. Selain itu tosser juga harus bisa menguasai teknik blocking dan smash karena tidak menutup kemungkinan saat pertandingan dia melakukan hal tersebut.

Macam macam posisi pemain bola voli berserta gambar dan tugasnya di atas semoga dapat menambah ilmu pengetahuan Anda tentang bola voli, jika ada pertanyaan silahkan isikan pada kolom komentar atau hubungi kami lewat kontak.

Macam Macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugas dan Fungsinya | perpus | 4.5