Posisi Pemain Bola Basket Beserta Tugas dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar

Posisi Pemain Bola Basket Beserta Tugas dan Fungsinya. Dalam permainan basket setiap pemain harus mengetahui peran atau posisinya di lapangan. Karena jika tidak dapat mengetahui hal tersebut maka dapat dipastikan jika sang pemain pasti tidak akan dapat bermain dengan baik, bahkan dapat merusak permainan tim. Oleh karena itu setiap pemain basket yang profesional wajib mengetahui posisi dalam bola basket.

Posisi Pemain Bola Basket Beserta tugas dan fungsinya

Posisi Pemain Bola Basket (img:wikipedia)

Dalam artikel ini Anda akan diberikan informasi tentang posisi pemain bola basket secara detail, mulai dari tugas setiap pemain jika menempati posisi tersebut agar dapat bermain dengan baik. Meskipun dalam permainan basket kerja sama tim adalah yang utama, hal tersebut harus didukung dengan skill atau kemampuan tiap individu. Oleh karena itu bagi para pemain bola basket wajib mengetahui hal tersebut, berikut ini 3 posisi pemain bola basket beserta tugas dan fungsinya.

Posisi Pemain Bola Basket :

  1. Guard. Guard ini terdari dari dua macam yaitu point guard dan shooting guard.
  2. Forward. Fordward juga terdiri dari dua jenis yaitu small Forward dan power Forward.
  3. Center.

3 Posisi Pemain Bola Basket Beserta Tugas dan Fungsinya :

1. Posisi Guard
– Point Guard adalah posisi pemain bola basket yang mempunyai tugas utama sebagai pengatur permainan, baik serangan maupun bertahan. Namun tugas yang paling banyak diberikan kepada seorang point guard adalah memberikan asist atau umpan kepada pemain depan agar mencetak poin dengan memasukkan bola kedalam ring.
– Shooting Guard adalah seorang pemain basket yang mempunyai tugas utama untuk memasukkan bola kedalam ring. Untuk posisi ini dipilih pada pemain yang mempunyai akurasi tembakan yang baik agar tidak membuang peluang yang percuma. Selain itu kecepatan dan postur tubuh yang lebih tinggi juga dipilih sebagai pertimbangan untuk posisi ini.

2. Posisi Forward
– Small Forward adalah posisi pemain yang bervariasi, pada pemain ini harus mempunyai banyak kemampuan seperti dribble, umpan dan shooting. Untuk posisi menyerang biasanya berada didekat garis key hole yang kemudian akan melakukan penetrasi kedaerah lawan dan memberikan umpan atau langsung memasukkan bola kealam ring.
– Strong Forward adalah posisi pemain yang biasanya berada dibawah ring baik dalam kondisi menyerang atau bertahan. Pemain ini biasanya memiliki postur tubuh yang besar dan tinggi, karena dengan begitu maka dapat menghalangi lawan atau mengambil bola saat terjadi rebound.

Baca juga : Ukuran Lapangan Basket

3. Posisi Center
Center adalah posisi pemain basket yang tugas utamanya adalah bertahan saat terjadi serangan, pemain yang bertugas pada posisi ini biasanya mempunyai badan paling besar dan tinggi dalam tim. Karena dalam permainan basket bertahan yang baik adalah dapat menghalang lawan masuk kearea serangan oleh karena itu pemain yang tinggi besar sangat cocok pada posisi tersebut. Pemain yang berposisi center biasanya paling banyak melakukan pelanggaran, karena itu juga termasuk dalam strategi bertahan jika memang harus dilakukan.

Macam macam posisi pemain bola basket di atas dapat kalian pilih sesuai minat dan postur Anda, namun yang utama dalam permainan basket adalah kelincahan dan kemampuan untuk dribble serta shooting yang baik. Karena jika menguasai hal tersebut maka kalian akan dapat menjadi pemain basket yang profesional.

Posisi Pemain Bola Basket Beserta Tugas dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar | perpus | 4.5
Leave a Reply