Pengertian Sejarah Atletik Dunia di Indonesia dan Cabang Cabangnya

Pengertian Sejarah Atletik Dunia di Indonesia dan Cabang Cabangnya

Pengertian Sejarah Atletik Dunia di Indonesia dan Cabang Cabangnya

Pengertian Sejarah Atletik Dunia di Indonesia dan Cabang Cabangnya – Setiap pagi, sebelum orang-orang melakukan aktifitas paginya, bisanya mereka melakukan serangkaian olahraga yang dapat membugarkan tubuh, namun sebagian orang ada yang menganggap sebagai profesi. Salah satunya adalah dengan cara mengikuti berbagai perlombaan olahraga yang bergengsi Nasional atau internasional. Olahraga tersebut biasa disebut dengan atletik. Nah, untuk mengetahui pengertian dan sejarah atletik di dunia & Indonesia, anda dapat membacanya pada artikel dibawah ini.

Atletik merupakan salah satu perlombaan yang sering dilombakan dalam SEA Games, ASEAN Games, Olimpiade, atau PON. Tetapi sejarah kata atletik berasal dari Eropa. Kata atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “athlon” atau athlum, kata ini mempunyai makna pertandingan, perjuangan, pergulatan, ataupun perlombaan. Maka tidak heran bahwa orang-orang Yunani yang pertama kali melakukan perlombaan atletik pada masa itu.

Dalam sebuah buku yang berjudul odysus dari Hemerun, menceritakan tentang perlombaan tersebut. Nah untuk pelaku atletik disebut sebagai Athleta atau Atlet saja. Untuk memperjelas pengertian dan sejarah atletik di dunia & indonesia kita bisa memahami atletik dari berbagai bahasa di dunia diantaranya:

Sejarah Atletik Lari Dunia di Indonesia dan Cabang Cabangnya  :

– Dalam bahasa Yunani selain kata “Athlon” juga terdapat kata “Pentahtlon” yang berasal dari dua kata yang bergabung menjadi satu yaitu penda yang berarti lima dan ahtlon artinya lomba. Sehingga dapat diartikan perlombaan yang terdiri dari lima nomor. Atau perlombaan yang terdiri dari nomor jalan, lari, lempar, lompat (jalalelo).

– Atletik berasal dari bahasa Inggris yang asal katanya dari “athletic” yang berbeda dari bahasa Yunani, yaitu memiliki arti yang lebih luas, yaitu berbagai macam pertandingan sepakbola yang bersifat perlombaan atau pertandingan seperti bola basket, sepakbola, tenis, renang, senam atau olahraga lainnya.

– Sedangkan dalam bahasa Indoensia kata atletik diartikan sebagai cabang olahraga yang dilakukan di luar dan memerlukan kekuatan, ketangkasan, dan kecepatan. Yang terdiri atas nomor-nomor lari, jalan, lempar, lompat.

Nah, dari berbagai pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa atletik merupakan sebuah olahraga yang diperlombahkan yang meliputi aspek jalan, lari, lempar, lompat. Untuk menguji berbagai hal yang menyangkut kekuatan fisik.

Sejarah atletik di Indonesia dibawa oleh pemerintahan Hindia Belanda yang telah selama 3,5 abad menjajah Indonesia. Ketika atletik menjadi sebuah mata pelajaran wajib yang harus diikuti di sekolah-sekolah bentukan Belanda. Nah, setelah banyak rakyat tertarik dan mengetahui manfaat dari atletik, mak muncullah berbagai organisasi yang mewadahi untuk pelatihan atletik ini. Namun setelah Jepang menduduki Indonesia semua perlombaan dan organisasi tersebut berhenti total.

Baru setelah Indonesia merdeka kemudian dimulai kembali yaitu pada 3 September 1950. Didirikanlah Persatuan Atletik Seluruh Indonesia yang disebut PASI. Demikianlah artikel mengenai pengertian dan sejarah atletik di dunia & Indonesia, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Baca juga : Ukuran lapangan lompat jauh

Pengertian Sejarah Atletik Dunia di Indonesia dan Cabang Cabangnya | perpus | 4.5
Leave a Reply