Pengertian Penalti Dalam Sepakbola Adalah & Peraturan Serta Penyebab Penalti

Pengertian Penalti Adalah – Para penggemar sepak bola pasti tidak asing lagi dengan kata Penalti. Tendangan jarak dekat ini bisa dikatakan bonus karena persentase gol menjadi lebih besar dari pada tendangan biasa. Meski demikian masih banyak yang belum tahu apa itu penalti dan bagaimana penalti bisa terjadi. Untuk itu, disini kami akan sampaikan pengertian penalti dan apa saja yang menyebabkan tendangan penalti.

Pengertian Penalti Adalah

Pengertian Penalti Adalah

Pengertian, Peraturan dan Yang menyebabkan Pinalti :

1. Pengertian penalti
Penalti adalah tendangan yang dilakukan di dalam kotak penalti tanpa ada penjagaan lain dari pemain lawan. Penendang penalti berhadapan langsung dengan penjaga gawang lawan dengan jarak 11 meter.

2. Peraturan tendangan penalti
Pada saat melakukan tendangan penalti, terdapat juga peraturan di dalamnya. Pertama, posisi bola harus berada di titik tendangan penalti dan penembak penalti harus teridentifikasi secara tepat. Posisi kipper harus berada di garis gawang dan pandangan menghadap penendang bola. Kedua, pemain yang tidak menendang bola setidaknya harus berada 9.15 meter di belakang titik penalti atau bahkan di belakangnya lagi. Ketiga, jika pemain penendang bola penalti melanggar peraturan yang ada  maka ada kemungkinan wasit mengizinkan tendangan dilanjutkan kembali, apabila bola yang ditendang masuk maka tendangan harus diulang dan jika tidak masuk wasit berhak menghentikan permainan dan memulai kembali dengan tendangan bebas tidak langsung untuk tim lawan. Keempat, apabila kipper yang melanggar peraturan, maka bola yang masuk ke gawang akan disahkan oleh wasit dan apabila tidak masuk ke gawang tendangan akan diulang kembali.

Baca juga : Sejarah Sepak Bola

3. Penyebab terjadinya penalti
Penalti terjadi diakibatkan adanya pelanggaran di dalam kotak penalti yang dilakukan oleh tim yang sedang defence (bertahan) terhadap tim yang offense (menyerang). Penalti juga bisa dilakukan apabila selama pertandingan di dua babak dan dua babak ekstra hasil tetap seri, maka penalti akan diberlakukan untuk menentukan pemenang.

4. Jenis penalti
Setelah mengetahui pengertian penalti dan apa saja yang menyebabkan tendangan penalti terdapat juga jenis-jenis penalti. Jenis penalti ini juga terbagi menjadi dua yakni bola mutlak dan bola tidak mutlak. Apabila pertandingan berakhir seri dan peraturan menggunakan bola mutlak maka tim yang kalah diberikan kepada mereka yang telah gagal satu kali dalam melakukan tendangan sedangkan lawannya sudah memasukkan bola. Berbeda dengan peraturan bola tidak mutlak, pemenang dalam penalti bola tidak mutlak ialah mereka yang memiliki selisih dua sampai tiga skor.

5. Peraturan Penalti dari FIFA
FIFA selaku federasi sepak bola dunia juga memberikan peraturan baru untuk penalti. Peraturan tersebut ialah tidak diperbolehkan bagi pemain penendang penalti melakukan tendangan pura-pura. Hal ini diberlakukan agar penjaga gawang tidak terkecoh dalam menghadang bola. Peraturan ini sudah resmi dikeluarkan dan diberlakukan sejak piala dunia tahun 2014 di Brasil. Bagi pemain yang melanggar peraturan ini langsung diberikan sanksi berupa kartu kuning.

Pengertian penalti adalah dan apa saja yang menyebabkan tendangan penalti serta peraturan dan jenis penalti di atas merupakan pengertian secara umum. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas Anda.

Pengertian Penalti Dalam Sepakbola Adalah & Peraturan Serta Penyebab Penalti | perpus | 4.5