Pengertian Pancasila dan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Pancasila dan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara, Pancasila memang sudah sangat melekat sebagai ideologi negara Indonesia. Namun, tidak banyak yang tahu apa makna sebenarnya dari pengertian Pancasila sebagai ideologi negara dan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara.

Pengertian dan Fungsi Pancasila

Pengertian dan Fungsi Pancasila

Pemaknaan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memang harus dilakukan dengan benar, jika tidak akan ada kesimpangsiuran serta muncul pemahaman yang salah mengenai Pancasila baik itu dalam pengertiannya sebagai ideologi negara begitu juga fungsinya sebagai ideologi negara.

Pengertian Pancasila dan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara :

Sebelum membahas apa makna atau pengertian Pancasila sebagai ideologi negara dan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara, Anda harus tahu apa itu arti dari kata “ideologi”. Ideologi merupakan kumpulan ide, pemikiran, cita-cita, dan juga pedoman yang juga disertai dengan cara atau metode untuk mewujudkannya. Pengertian Pancasila sebagai ideologi negara dalam arti sempit dapat diartikan sebagai semua norma yang ada dalam Pancasila menjadi acuan dan juga cita-cita normatif yang harus dilakukan khususnya dalam penyelenggaraan negara sehingga dapat melaju sesuai dengan para pendahulu inginkan.

Memang ada banyak sekali pemaknaan yang terkandung dalam pengertian Pancasila sebagai ideologi negara dan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara. Pengertian lain dari Pancasila sebagai ideologi negara dalam artian yang luas bisa diartikan sebagai prinsip-prinsip unsur ketuhanan, unsur kemanusiaan, unsur persatuan, unsur kerakyatan, dan unsur keadilan harus dijunjung tinggi khususnya dalam mewujudkan semua visi dan misi dalam penyelenggaraan pemerintahan khususnya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengatur kehidupan rakyatnya dalam berbangsa dan juga bernegara.

Keberadaan Pancasila yang digunakan sebagai ideologi negara tentu bukan hal bisa dianggap remeh. Baik pemerintah maupun rakyat Indonesia harus senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai ideologi yang terkandung dalam Pancasila demi mewujudkan semua cita-cita bernegara. Selain itu, dengan adanya Pancasila sebagai ideologi negara ternyata bisa menjadi sarana yang dapat mempersatukan semua masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan juga dari agama yang berbeda-beda.

Pengertian Pancasila menurut para ahli :

Pengertian Pancasila Menurut Ir Sukarno:
Pancasila adalah isi jiwa Negara Indonesia yang secara turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Oleh karena itu, pancasila bukan hanya sebuah falsafah negara, namun lebih luas yaitu falsafah Bangsa Indonesia.

Pengertian Pancasila Menurut Muhammad Yamin:
Pancasila merupakan gabungan dari kata Panca yang mempunyai arti Lima, sedangkan Sila mempunyai arti Sendi, Atas, Dasar atau peraturan tingkah laku yang baik dan penting. Sehingga pancasila dapat diartikan sebagai lima dasar yang mengandung pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang baik dan penting.

Baca juga : Tugas BPUPKI dan PPKI

Membahas pengertian Pancasila dan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara memang tidak hanya bisa dilakukan secara sendiri-sendiri mengingat ada keterkaitan antara keduanya. Setelah mengetahui makna dari pengertian Pancasila sebagai ideologi, Anda tentu juga harus tahu apa fungi dari Pancasila sebagai ideologi negara. Berikut beberapa fungsi dari Pancasila sebagai ideologi negara.

Fungsi dari Pancasila sebagai ideologi negara :

1. Sarana pemersatu masyarakat.
Dalam menyelesaikan semua konflik yang muncul, Pancasila memiliki peran penting selaku pedoman dalam penyelenggaraan visi dan misi dan bernegara yakni sebagai sarana pemersatu masyarakat. Hendaknya dalam mengatasi semua permasalahan yang muncul, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dijadikan sebagai patokan atau pedoman layaknya para pendiri bangsa Indonesia.

2. Pengingat dari visi dan misi dalam setiap pelaksanaan tugas
Adanya Pancasila sebagai ideologi negara juga dapat menjadi fungsi atau tujuan dari negara itu sendiri. Pancasila sebagai ideologi negara berisi tentang nilai-nilai yang harus tetap dipegang teguh dalam pelaksanaan visi dan misi dari pemerintahan negara RI. Sehingga dapat dikatakan selain sebagai pengingat, Pancasila juga bisa menjadi pondasi dalam setiap pengambilan keputusan.

Pancasila bagi bangsa Indonesia memang memiliki arti yang sangat penting. Tidak hanya sebagai lambang negara, Pancasila juga telah ditetapkan sebagai ideologi bagi bangsa Indonesia. Sehingga pemahaman mengenai pengertian Pancasila dan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara harus dipahami dan dimengerti oleh semua warga negara Indonesia

Pengertian Pancasila dan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara Menurut Para Ahli | perpus | 4.5