Pengertian Sejarah Orde Baru Beserta Sistem Pemerintahan dan Latar Belakangnya

Pengertian Orde Baru dan sejarah berjalannya Orde Baru merupakan salah satu kisah sejarah yang kemungkinan besar diajarkan di setiap tingkat pendidikan, baik dari tingkat dasar hingga tingkat atas. Bukan hal yang mengherankan mengingat kisah tersebut merupakan bagian dari sejarah Indonesia yang perlu diketahui dan dipelajari oleh siapa pun. Orde Baru, atau yang biasa disingkat sebagai Orba, merujuk kepada masa Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Suharto sebagai presiden kedua Indonesia. Sebutan tersebut merupakan kelanjutan dari masa pemerintahan Sukarno yang disebut sebagai Orde Lama atau Orla yang berlangsung dari tahun 1945 pada proklamasi kemerdekaan Indonesia hingga tahun 1965 ketika pemberontakan G30 S PKI.

Pengertian dan Sejarah Orde Baru

Pengertian dan Sejarah Orde Baru

Pengertian Orde Baru dan sejarah berjalannya Orde Baru pasti terkait dengan penjelasan singkat mengenai Orde Baru itu sendiri. Masa Orde Baru berlangsung dari tahun 1966 yang ditandai dengan lahirnya Surat Perintah 11 Maret 1966 atau Supersemar hingga tahun 1998 yang ditandai dengan demonstrasi besar di Jakarta yang berakibat pada kerusuhan di Jakarta. Masa Orde Baru ditandai dengan sejumlah peristiwa yang memiliki dampak sangat masif, di antaranya adalah penghentian pemberontakan G30 S PKI, pembantaian anggota PKI dan oknum-oknum lainnya, dan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme atau KKN besar-besaran.

Sejarah dan Latar Belakang Orde Baru :

Pengertian Orde Baru dan sejarah berjalannya Orde Baru selanjutnya ditandai dengan tindakan yang diambil oleh Presiden Suharto setelah Surat Perintah 11 Maret tersebut dikeluarkan. Menanggapi surat tersebut, Presiden Suharto mengambil tindakan cepat untuk menghentikan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI tersebut. Pada tanggal 12 Maret 1966, Presiden Suharto mengeluarkan surat perintah yang isinya menyatakan pembubaran PKI dan ormas-ormas yang berada di bawahnya beserta mengamankan sejumlah menteri yang dianggap terlibat dalam pemberontakan yang didalangi oleh PKI tersebut. Selain itu, seluruh anggota PKI dan ormas-ormasnya dieksekusi berdasarkan intensitas keterlibatan mereka. Beberapa di antara mereka dibunuh oleh masyarakat maupun diasingkan ke sejumlah pulau di luar Jawa dan dikenakan status Tahanan Politik atau Tapol.

Selain itu, Presiden Suharto juga membentuk kabinet baru yang dinamai Kabinet Ampera yang memiliki tugas untuk mengembalikan stabilitas politik dan ekonomi Indonesia seperti sedia kala yang saat itu dipimpin oleh Sukarno yang masih memiliki kekuasaan. Namun, kekuasaan tersebut lambat laun berkurang yang kemudian berujung pada Sidang Istimewa Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara atau MPRS yang diadakan pada tanggal 7-12 Maret 1967 di Jakarta yang memutuskan untuk mengangkat Suharto sebagai presiden kedua Indonesia.

Baca juga : Pengertian Penduduk dan Warga Negara

Pengertian Orde Baru dan sejarah berjalannya Orde Baru berikutnya ditandai dengan kebijakan-kebijakan yang diambil Suharto sebagai presiden. Untuk membenahi perekonomian Indonesia yang pada saat itu mengalami kekacauan, Suharto menerapkan kebijakan Rencana Pembangunan Lima Tahun atau Repelita yang memfokuskan pada pembangunan industri padat karya atau yang menyerap banyak tenaga kerja, industri komoditas ekspor dsb. Dalam masa pemerintahannya, Suharto berhasil menerapkan swasembada beras dan peningkatan pembangunan.

Namun, kesuksesan pembangunan perekonomian tersebut harus ditebus dengan tingginya tingkat KKN di Indonesia dan merosotnya demokrasi dalam aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia yang mencakup seluruh birokrat pemerintah beserta keluarganya menikmati kekayaan di tengah-tengah masyarakat yang mengalami penurunan tingkat kesejahteraan hidup. Seluruh birokrat pemerintah mendapatkan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh masyarakat awam. Selain itu, kebebasan dalam menyuarakan opini melalui media cetak maupun elektronik dibatasi yang kemudian berujung pada demonstrasi besar di Jakarta yang berujung pada turunnya Suharto dari pemerintahan pada tahun 1998.

Demikian pengertian Orde Baru dan sejarah berjalannya Orde Baru. Sejarah merupakan pelajaran yang membuat kita selalu belajar dari pengalaman masa lalu.

Pengertian Sejarah Orde Baru Beserta Sistem Pemerintahan dan Latar Belakangnya | perpus | 4.5
Leave a Reply