Pengertian dan Macam-macam Tendangan Bebas dalam Permainan Olahraga Sepak Bola

Pengertian Macam-macam Tendangan Bebas dalam Permainan Olahraga Sepakbola – Mungkin sepak bola sudah bukan menjadi olahraga yang asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan pecinta sepak bola di tanah air sangat lah banyak. Mulai dari mereka yang mencinati tim dalam negeri sampai mereka yang berlaga di tanah eropa.

Pengertian & Macam-macam Tendangan Bebas dalam Permainan Olahraga Sepak Bola

Pengertian dan Macam-macam Tendangan Bebas dalam Permainan Olahraga Sepak Bola

Meski kita sudah tak asing lagi dengan permainan ini, bukan berarti semua orang paham dengan seluruh peraturan sepak bola. Salah satu contoh kejadian yang sering kali terjadi di dunia sepak bola ialah tendangan bebas. Tendangan bebas ternyata juga ada macam-macamnya. Berikut ini ialah pengertian dan macam-macam tendangan bebas dalam sepak bola.

Pengertian & Macam-macam Tendangan Bebas dalam Permainan Olahraga Sepak Bola :

1. Pengertian tendangan bebas
Tendangan bebas atau free kick adalah tendangan yang didapatkan atau dilakukan ketika tim lawan melakukan pelanggaran diluar kotak pinalti tim defense. Jadi tendangan bebas ini merupakan hadiah dari pelanggaran yang dilakukan oleh lawan.

2. Jenis-jenis tendangan bebas
Jenis-jenis atau macam-macam tendangan bebas dalam sepak bola ini dibedakan dari jaraknya. Apabila jarak tendangan bebas terlalu dari gawang lawan, maka tendangan tersebut tidak akan mendapatkan penjagaan oleh pagar betis. Sehingga tendangan tersebut biasanya ditendang melambung jauh atau hanya sekedar di oper ke teman terdekat. Jenis kedua ialah tendangan bebas jarak dekat. Apabila tendangan bebas jarak dekat, sudah dipastikan akan ada pagar betis yang menjaga gawang mereka. Tendangan bebas jarak dekat ini bisa ditendangkan secara langsung atau dijadikan umpan. Tendangan bebas memiliki persentase gol tidak sebesar tendangan pinalti. Macam-macam tendangan bebas juga bisa dibagi dari teknisnya. Pertama, tendangan bebas langsung. Tendangan bebas langsung ini bertujuan untuk menendang langsung ke arah gawang lawan dan berutujuan untuk mencetak gol secara langsung. Kedua, tendangan bebas tidak langsung yang mana bola tidak langsung di tendang ke gawang melainkan dioper ke temannya. hal ini dikarenakan sudut atau angle menendang bola tidak terlalu bagus sehingga bola harus diumpankan ke pemain lain.

3. Jarak Tendangan Bebas
Tendangan bebas sebenarnya bisa terjadi dimana saja asalkan kembali ke pengertian tadi, tidak berada di dalam kotak pinalti tim defense. Tetapi ada peraturan jika pelanggaran terjadi terlalu dekat dengan gawang lawan, maka diambil jarak kurang lebih 9 meter yang bebas dari halangan tim lawan. Pemain tim yang defense diperbolehkan beridir menahan bola berjarak kurang lebih 9 meter dan berbaris sepanjang 3 sampai 5 orang. Posisi pagar betis berdempetan dan tangan menutup dada atau organ vitalnya.

4. Pemain yang terbilang sukses dalam mengeksekusi tendangan bebas
Meski persentase gol dalam tendangan bebas tidak terlalu besar, akan tetapi para pemain terbaik dunia ini sudah membuktikan bahwa tendangan bebas merupakan peluan emas untuk mencetak gol. Mereka yang sering kali sukses mengeksekusi tendangan bebas ialah David Beckham, Alessandro Del Piero, Roberto Carlos, Francesco Totti, Ronaldinho dan sebagainya. Itulah pengertian dan macam-macam tendangan bebas dalam sepak bola yang bisa kami sampaikan.

Baca juga : Pengertian Handsball Adalah Macam – Macamnya Dalam Sepakbola

Pengertian dan Macam-macam Tendangan Bebas dalam Permainan Olahraga Sepak Bola | perpus | 4.5