Pengertian Jenis-Jenis Sejarah Beserta Penjelasan dan Contohnya

Pengertian Jenis-Jenis Sejarah Beserta Penjelasan dan Contohnya – Setiap orang pastinya belajar tentang sejarah, terutama saat berada di bangku sekolah. Lantas, apa sebenarnya pengertian dari sejarah? Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah Pengertian dan Jenis-Jenis Sejarah Beserta Contohnya. Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang fokus mempelajari masa lampau dalam kehidupan manusia. Dalam hal ini, kejadian-kejadian dalam sejarah dikategorikan menjadi beberapa jenis sehingga pembahasan dan materi sejarah bisa lebih fokus untuk suatu masalah meskipun pada dasarnya saling berkaitan. Yang dimaksud dengan jenis sejarah adalah kombinasi antara ciri-ciri dalam sejarah yang pada dasarnya dianggap memiliki karakteristik kelompok.

Jenis Jenis Sejarah

Jenis Jenis Sejarah

Jenis-Jenis Sejarah Beserta Contohnya memang sangat menarik untuk dibahas. Meskipun hampir setiap orang pasti pernah mempelajari sejarah, banyak yang tidak mengetahui bahwa peristiwa sejarah sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis. Jika dilihat dari wilayah pembahasannya, jenis sejarah dibedakan menjadi 3 macam.

Jenis jenis Sejarah dan Contohnya Berdasarkan Wilayah :

  1. Sejarah Nasional.
    Sejarah Nasional di dalamnya berisi tentang sejarah yang mengungkap berbagai peristiwa penting pada suatu daerah yang pengaruh atau dampaknya terjadi pada wilayah atau daerah lainnya. Bahkan peristiwa ini juga berdampak pada satu negara. Selain itu, adapula yang mengatakan bahwa sejarah nasional adalah puncak dari sejarah peristiwa yang terjadi dalam tingkatan lokal. Contoh dari sejarah nasional diantaranya adalah peristiwa krisis moneter yang terjadi di Indonesia, proklamasi kemerdekaan dan lain sebagainya.
  2. Sejarah Internasional.
    Sekedar informasi, sejarah Internasional adalah peristiwa bersejarah yang terjadi di suatu negara atau daerah yang berpengaruh terhadap perkembangan negara lain atau dunia internasional. Contoh dari sejarah internasional salah satunya adalah perang dunia kesatu. Pengertian dan Jenis-Jenis Sejarah Beserta Contohnya juga semakin menarik setelah Anda mempelajari tentang jenis sejarah.
  3. Sejarah Lokal.
    Sejarah lokal adalah sejarah yang berisi tentang peristiwa yang telah terjadi di suatu daerah tertentu (lokal) tapi dampaknya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap daerah atau wilayah lain. Sejarah lokal biasanya meliputi aspek sosial, ekonomi, budaya, politik dan lain sebagainya yang berkembang di lingkungan masyarakat dalam suatu daerah atau wilayah tertentu.

Selain berdasarkan pembahasannya, Pengertian dan Jenis-Jenis Sejarah Beserta Contohnya juga dibedakan berdasarkan temanya. Jika dilihat dari temanya, sejarah dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah sejarah geografi yang berkaitan dengan geografi. Sejarah geografi seringkali dihubung-hubungkan dengan lokasi peristiwa bersejarah. Misalnya, dimana lokasi Ir. Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia? Dimana bencana alam bersejarah besar itu terjadi? Dan lain sebagainya. Dengan melihat hal tersebut, tentu bisa diketahui bahwa sejarah geografi sangat berkaitan dengan letak geografis dari suatu peristiwa yang telah terjadi.

Baca juga : Sejarah Orde Baru

Selain itu, adapula sejarah sosial yang tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan dalam bermasyarakat. Sejarah sosial berasal dari adanya masalah-masalah sosial dalam kehidupan masyarakat. Sejarah jenis ini mengalami proses perkembangan berdasarkan taraf hidup manusia. Misalnya sejarah tentang kehidupan sosial manusia yang pada awalnya bercocok tanam, gotong royong, musyawarah dan lain sebagainya. Selain itu, kehidupan sosial masyarakat juga bervariasi mulai dari masuknya agama Hindu, Budha, Islam dan Kristen. Jenis sejarah berdasarkan tema lainnya adalah sejarah ekonomi. Berdasarkan namanya, tentu bisa diketahui bahwa sejarah ini berisi tentang upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal inilah yang disebut dengan ilmu ekonomi.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak jenis sejarah lain berdasarkan temanya. Beberapa diantaranya adalah sejarah ketatanegaraan, sejarah politik, sejarah kebudayaan, sejarah intelektual dan lain sebagainya. Demikianlah ulasan mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Sejarah Beserta Contohnya, semoga bermanfaat.

Pengertian Jenis-Jenis Sejarah Beserta Penjelasan dan Contohnya | perpus | 4.5
Leave a Reply