Pengertian ASEAN dan Tujuan ASEAN Lengkap

Pengertian ASEAN dan Tujuannya – Pengertian ASEAN dan tujuannya selalu mencakup penjelasan yang komprehensif mengenai ASEAN secara luar dalam yang mencakup banyak hal. ASEAN atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Asosiasi atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara merupakan kepanjangan dari Association of Southeast Asia Nations.

Pengertian ASEAN dan Tujuan ASEAN

Pengertian ASEAN dan Tujuan ASEAN

ASEAN merupakan suatu organisasi regional negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang berfokus pada kerja sama ekonomi, sosial-budaya, dan politik antar-negara-negara anggota. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, ibu kota Thailand, dalam suatu pertemuan kecil antara kepala negara dan pemerintahan lima negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia yang diwakili oleh Adam Malik, Malaysia oleh Tun Abdul Razak, Singapura oleh S. Rajaratnam, Thailand oleh Thanat Khoman, dan Filipina oleh Narcisco Ramos.

Penjelasan Tentang Pengertian ASEAN dan Tujuannya :

Pengertian ASEAN dan tujuannya berikutnya meliputi penjelasan singkat mengenai ASEAN dan prinsip-prinsipnya. Dalam menjalin kerja sama, negara-negara ASEAN sepakat untuk mendasari kerja sama mereka dengan prinsip saling menghormati kemerdekaan dan kedaulatan masing-masing negara anggota, non-intervensi atau menghindari campur tangan terhadap ranah domestik negara anggota, dan kerja sama yang didasari pada perdamaian dan persahabatan. Pada awalnya, ASEAN memiliki lima negara pendiri sebagai anggota. Namun, hingga sekarang ASEAN telah memiliki sepuluh negara anggota yang terdiri dari dari lima negara anggota pendiri ditambah Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Kamboja. ASEAN memiliki kantor sekretariat di Indonesia yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan.

Tujuan ASEAN adalah kerja sama yang dimiliki oleh negara-negara anggota ASEAN. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ASEAN memiliki fokus kerja pada peningkatan dan percepatan pertumbuhan ekonomi negara-negara anggotanya, kemajuan sosial dan perlindungan budaya, peningkatan intensitas kerja sama yang difokuskan pada bidang-bidang di atas, dan kerja sama lain di bidang teknologi dan informasi, pembangunan, kerja sama transnasional, dan keamanan.

Tujuan ASEAN :

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi.
  • Menjadikan Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.
  • Meningkatkan kerjasama yang aktif di semua bidang.
  • Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  • Bekerjasama secara lebih efektif.
  • Saling memberi bantuan.
  • Memajukan Asia Tenggara

Selain berfokus pada peningkatan kerja sama, ASEAN juga berfokus pada penyelesaian permasalahan yang terjadi antar negara-negara anggota ASEAN yang juga tetap didasari pada prinsip non-intervensi. Dalam hal ini, negara-negara di luar negara yang berkonflik tidak boleh mencampuri urusan negara-negara yang berkonflik tersebut. Mereka hanya diperbolehkan untuk membantu hingga pada konteks yang dianggap tidak bersifat intervensionis dan mengganggu kedaulatan negara-negara yang sedang berkonflik.

Baca juga : Sejarah Orde Baru

Pengertian ASEAN dan tujuannya berikutnya masih berhubungan dengan kerja sama yang dilakukan oleh ASEAN. Di luar negara-negara anggota ASEAN, ASEAN juga telah menjalin sejumlah kerja sama di bidang ekonomi yang cukup erat dengan sejumlah negara di luar kawasan Asia Tenggara. Negara-negara tersebut kemudian tergabung dalam suatu forum kerja sama yang disebut sebagai ASEAN+3 yang mencakup Jepang, Cina, dan Korea Selatan. Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Timur tersebut dianggap memiliki potensi perekonomian yang dapat membantu pertumbuhan perekonomian negara-negara anggota ASEAN. Kerja sama tersebut mencakup otomotif, industri, transportasi, dan industri-industri manufaktur lainnya. Selain dengan ketiga negara yang tergabung dalam ASEAN+3, ASEAN juga menjalin kerja sama yang cukup erat dengan India yang sedang mengalami peningkatan pesat dalam pertumbuhan ekonomi.

Demikian semua hal yang berhubungan dengan Pengertian ASEAN dan Tujuan ASEAN. Dengan eratnya kerja sama antar-anggota, ASEAN diharapkan dapat membantu peningkatan kesejahteraan masing-masing anggota.

Pengertian ASEAN dan Tujuan ASEAN Lengkap | perpus | 4.5