Macam Macam Cabang Olahraga Beladiri dan Penjelasannya

Olahraga Beladiri

Cabang Olahraga Beladiri – Dalam perlombaan semacam olimpiade terdapat banyak sekali cabang olahraga yang dipertandingkan, salah satunya adalah cabang olahraga beladiri. Beladiri sendiri merupakan olahraga atau kemampuan untuk mempertahankan diri dari musuhnya. Biasanya olahraga ini dilakukan dengan mengadu dua orang untuk bertarung hingga ada yang menjadi pemenangnya.

Dalam melakukan olahraga ini tentunya membutuhkan ketahanan, kekuatan yang baik. Hal tersebut bisa didapatkan dengan melakukan latihan yang rutin dan sungguh-sungguh. Dalam olahraga ini terdapat beberapa cabang yang akan dijelaskan dibawah ini.

Macam Macam Olahraga Beladiri:

  1. Pencak silat.
  2. Taekwondo.
  3. Karate.
  4. Kung Fu.
  5. Gulat.
  6. Tinju.
  7. Kendo.
  8. Muay thai.

1. Pencak silat
Pencak silat merupakan cabang olahraga beladiri yang berasal dari Indonesia dan sudah menjadi ciri khas orang Indonesia. Walaupun berasal dari Indonesia, namun olahraga ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat hingga ke penjuru dunia. Pencak silat ini dilakukan dengan cara menggunakan teknik-teknik yang mengandalkan kemampuan tenaga dalam tanpa menggunakan senjata. Oleh karena itu, untuk melakukan olahraga ini perlu latihan yang keras dan juga rutin. Sehingga kemampuan dalam olahraga ini semakin terasah.

2. Taekwondo
Taekwondo adalah jenis olahraga beladiri yang berasal dari Negara Korea. Olahraga ini sudah banyak dimainkan di berbagai perlombaan salah satunya adalah olimpiade. Jadi tidak heran jika olahraga ini sudah terkenal hingga kepenjuru dunia. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang juga tertarik dengan olahraga taekwondo ini untuk dijadikan sebagai keahlian dalam mempertahankan diri ketika dalam keadaan terancam.

Dalam melakukan olahraga ini, bagian tubuh yang digunakan adalah kaki dan juga tangan. Selain itu juga perlu adanya keseimbangan, kecepatan dalam melakukan gerakan, stamina yang baik dan juga fleksibilitas. Karena takwondo ini merupakan olahraga yang menggabungkan beberapa teknik yaitu teknik beladiri, teknik berkelahi, olahraga, hiburan, olah tubuh dan juga filsafat.

3. Karate
Pasti Anda sudah sangat familiar dengan salah satu jenis olahraga beladiri yang satu ini. Olahraga karate merupakan olahraga yang sudah dikenal di seluruh Negara sebagai seni beladiri yang berasal dari negeri sakura yaitu Jepang. Olahraga ini dilakukan dengan lebih mengfokuskan kekuatan pada tangan. Jadi intinya karate ini lebih banyak menggunakan tangan sebagai media untuk melumpukan lawan. Karate sendiri sudah dipertandingakn dalam berbagai perlombaan baik perlombaan skala besar maupun skala kecil. Sekarang ini karate bukan hanya sebagai olahraga yang dipertandingan tetapi sudah menjadi seni beladiri yang digunakan dan dipelajari oleh orang awan untuk digunakan sebagai keahlian dalam mempertahankan diri.

Baca juga: Cabang Olahraga Permainan

4. Kung fu
China merupakan Negara yang melahirkan salah satu cabang olahraga beladiri ini. Olahraga kungfu ini lebih mengdepankan teknik pertahanan. Kung fu ini sebenarnya muncul karena adanya kebutuhan manusia untuk mempertahankan hidupnya dari serangan seperti binatang buas, penjahat dan lain sebagainya. Namun sering berkembangnya jaman, kung fu ini dijadikan sebauh cabang olaraga yang patut dipertandingkan. Namun kung fu yang dipertandingkan dalam perlombaan biasanya disebut dengan wushu. Oleh karena itu, olahraga ini semakin dikenal termasuk di Indonesia.

5. Gulat
Gulat ini termasuk dalam cabang olahraga beladiri. Olahraga ini dilakukan dengan melakukan kontak fisik dengan lawan dimana pegulat tersebut harus menjatuhkan lawannya untuk mendapatkan kemenangan. Olahraga ini tidak menggunakan senjata sebagai medianya tetapi menggunakan kekuatannya untuk mengalahkan lawan. Dalam melakukan gulat ada beberapa teknik yang bisa diterapkan yaitu.

  1. Teknik joint lock merupakan teknik dalam gulat yang dilakukan untuk mengunci persendian lawan sehingga tidak dapat melakukan gerakan untuk melawan.
  2. Teknik clinch fighting adalah teknik yang dilakukan untuk mengalahkan lawan dengan cara membanting lawan tersebut sehingga lawan akan tersungkur tidak berdaya.
  3. Teknik grappling hold adalah teknik ketiga yang bisa Anda lakukan. grappling hold yaitu teknik kuda-kuda yang dilakukan sebagai langkah awal atau tahap pertama untuk menyerang lawan dan menjatuhkannya.

6. Tinju
Tinju ini memiliki kesamaan dengan olahraga gulat yaitu sama-sama dilakukan oleh dua orang yang saling bertanding untuk meraih kemenangan. Namun salah satu cabang olahraga beladiri ini lebih menggunakan kekuatan pukulan untuk melumpuhkan lawannya. Dalam perlombaan tinju biasanya diberikan waktu sekitar satu sampai tiga menit yang biasanya disebut ronde.

Aturan yang dijalankan dalam perlombaan ini bahwa setiap petarung akan mendapatkan nilai atau poin jika dapat memukul lawan pada bagian yang pinggang ke bagian atas. Jika memukul pada bagian kepala dan juga dada maka petarung akan mendapatkan nilai atau poin tambahan. Sehingga petarung yang memiliki poin yang tertinggi maka akan mendapatkan kemenangan. Kemenangan juga dapat diraih bila lawan sudah tidak sanggup lagi bertanding atau biasa disebut TKO dan juga bila lawan dipukul dan tersunggur yang membuat lawan tidak dapat berdiri kembali dalam hitungan ke sepuluh yang biasa disebut KO.

7. Kendo
Kendo merupakan beladiri yang berasal dari Jepang. Salah satu cabang olahraga beladiri ini dilakukan dengan menggunakan pedang sebagai medianya. Untuk melakukan olahraga ini selain memerlukan pedang, petarung juga harus menggunakan peralatan lainnya seperti kendo gi dan hakama (seragam), dan juga bogu. Bogu ini terdiri dari beberapa hal yaitu men sebagai pelindung kepala, kote sebagai pelindung untuk tangan, do sebagai pelindung untuk badan, dan tare sebagai pelindung untuk bagian kemaluan dan paha.

Dalam melakukan olahraga ini Anda dapat menerapkan beberapa teknik.

  1. Teknik yang pertama adalah teknik tebasan kepala atau disebut men. Jika menggunakan teknik ini maka Anda dapat menentukan sasaran pada bagian kepala mulai dari ujung dahi hingga dagu.
  2. Kemudian teknik tebasan tangan atau yang serimg dikenal dengan nama kote. Teknik ini menjadikan tangan sebagai sasarannya.
  3. Teknik yang ketiga adalah teknik do atau teknik tebasan badan. Tentunya teknik ini menjadikan badan pada bagian kanan atau kiri perut sebagai sasaran pukulan.
  4. Teknik yang terakhir adalah teknik tsuki atau teknik tusukan. Sasaran yang dituju untuk teknik ini adalah bagian leher saja. Oleh karena itu teknik ini menjadi teknik yang sulit dan berbahaya sehingga dalam melakukannya perlu keahlian dan kemampuan yang tinggi. Karena alasan tersebut teknik ini hanya boleh dilakukan oleh para senior dan tidak diijinkan dalam pertanding tanpa persetujuan dari sensei lebih dulu.

Baca juga: Cabang Olahraga Atletik

8. Muay thai
Salah satu cabang olahraga beladiri yang berasal dari Thailand adalah muay thai. Untuk melakukan olahraga ini tidak perlu menggunakan senjata karena tubuh yang akan menjadi senjatanya. Oleh karena itu, banyak yang bilang jika olahraga ini mirip dengan kickboxing karena memiliki teknik yang sempintas hampir sama.

Teknik-teknik dalam muay thai ini ada beberapa macam.

  1. Teknik memukul
    Teknik memukul ini merupakan teknik dasar yang harus dikuasai dengan baik. Teknik memukul ini terdapat beberapa jenis yaitu teknik memukul jab, strike, hook, dan upper cut.
  2. Teknik memiting
    Teknik memiting ini adalah teknik mengunci gerakan lawan agar tidak dapat melakukan perlawanan. Teknik ini dilakukan denga cara memegang badan, kepala, dan juga bagian leher dari lawan, setelah lawan tidak bisa berbuat apapun maka itu saatnya Anda menjatuhkan lawan.
  3. Teknik menendang
    Teknik menendang ini memiliki variasi yaitu high kick, low kick, middle kick, dan juga push kick.
  4. Teknik mendengkul
    Yang termasuk dalam teknik ini adalah circle knee, hook knee, dan upper cut knee.
  5. Teknik menyikut
    Teknik ini sangat efektif digunakan untuk menyerang lawan. Teknik menyikut ini ada beberapa jenis yaitu sikutan vertical, sikutan horizontal, smashing elbow, upper cut elbow, dan flying smashing elbow.
  6. Teknik dorongan kaki
    Teknik ini sangat berguna ketika sedang bertahan dari serangan lawan.
  7. Teknik block
    Teknik yang terakhir adalah teknik block yang memiliki tujuan untuk menangkis serangan dari lawan sehingga Anda dapat terhindar dari pukulan.

Banyak sekali olahraga yang masuk dalam cabang olahraga beladiri ini. Mulai dari seni beladiri pencak silat sampai dengan muay thai. Olahraga ini bukan hanya bisa dilakukan untuk dipertandingan saja tetapi juga bisa digunakan untuk mempertahankan diri dari bebagai ancaman.

Macam Macam Cabang Olahraga Beladiri dan Penjelasannya | perpus | 4.5
Leave a Reply