Macam Macam Olahraga Air Beserta Penejelasan dan Gambarnya

Olahraga Air

Macam Macam Olahraga Air – Olahraga merupakan kegiatan yang tidak bisa Anda pisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan melakukan olahraga maka badan akan menjadi sehat dan juga segar, sehingga olahraga menjadi salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Apalagi bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan maka olahraga harus dilakukan supaya Anda tidak terkena obesitas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Fungsi olahraga akan membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh dan menjadikannya sebagai energi yang dikeluarkan.

Olahraga ini memiliki berbagai jenis atau cabang, ada olahraga darat dan juga olahraga air. Bicara soal olahraga air, pengertian olahraga air adalah  salah satu jenis olahraga yang dilakukan di air  baik secara beregu maupun individu, olahraga ini dapat dilakukan di kolam renang, sungai dan laut. Untuk cabang olahraga air terdiri dari beberapa cabang olahraga. Olahraga yang termasuk dalam cabang-cabang olahraga air antara lain sebagai berikut.

Cabang Olahraga Air:

  1. Renang.
  2. Polo air.
  3. Renang Indah.
  4. Snorkeling.
  5. Arum jeram.
  6. Selancar.
  7. Kano.
  8. Selam bebas.
Olahraga Air Renang

via : www.s-teamegypt.com

1. Renang
Renang termasuk cabang-cabang olahraga air yang sudah sangat familiar dan juga sangat terkenal. Dalam olahraga ini terdapat beberapa teknik berenang yang bisa diterapkan antara lain adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan gaya katak. Biasanya yang menjadi penilaian untuk olahraga ini adalah kecepatannya. Intinya semakin cepat dalam renang maka semakin cepat perenang sampai finish sehingga perenang bisa meraih kemenangan. Selain itu, olahraga ini juga memiliki beberapa kebaikan dan manfaat yang bisa dirasakan.

Manfaat Renang:

  1. Menambah tinggi badan. Jadi bagi Anda yang masih merasa tubuh memiliki tinggi yang kurang maka Anda bisa melakukan olahraga renang ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang baik.
  2. Dapat melatih pernafasan Anda sehingga olahraga ini sangat cocok dilakukan oleh orang yang memiliki masalah dengan paru-parunya.
  3. Dapat membentuk tubuh menjadi ideal karena dengan melakukan olahraga ini akan membakar lemak dalam tubuh sehingga tidak ada timbunan lemak dalam tubuh.
  4. Meningkatkan kebugaran tubuh. Karena memang olahraga dilakukan untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang baik.

Baca juga: Ukuran Kolam Renang

Olahraga Polo Air

via : www.swimmingworldmagazine.com

2. Polo air
Polo air ini merupakan olahraga yang masih jarang dikenal oleh masyarakat walaupun jenis olahraga ini sudah dipertandingkan di Indonesia sejak tahun 1948. Olahraga ini dilakukan oleh dua regu yang masing-masing memiliki jumlah pemain sebanyak tujuh pemain termasuk penjaga gawang. Olahraga yang masuk dalam cabang-cabang olahraga air ini memiliki teknik bermain yang hampir sama dengan sepak bola yaitu memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke dalam gawang lawan. Setiap satu kali memasukkan bola ke gawang lawan maka regu tersebut mendapatkan satu poin.

Renang Indah

Renang Indah via : solopos.com

3. Renang Indah
Berbeda dengan renang biasa, olahraga renang indah ini merupakan olahraga yang merupakan perpaduan antara renang, seni tari, dan juga senam. Olahraga ini lebih menekankan pada keluwesan dan juga keindahan gerakan. Biasanya olahraga ini didominasi oleh kaum wanita baik itu secara tunggal, trio, maupun beregu. Dalam melakukan olahraga yang termasuk dalam cabang-cabang olahraga air ini maka pemain membutuhkan pernafasan yang baik karena pemain harus bisa menahan nafas saat di dalam air. Selain itu, bagi yang formasinya berkelompok maka perlu latihan yang lebih keras agar terjadi kekompakan dalam setiap gerakan.

Baca juga: Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya

Snorkeling

Snorkeling via:adventures.is

4. Snorkeling
Snorkeling ini masuk dalam cabang olahraga air yang dilakukan dengan cara menyelam dengan menggunakan peralatan masker dan juga snorkel. Selain itu, ada juga yang menggunakan kaki katak untuk mempercepat gerakan saat di air. pada daerah yang memiliki suhu yang rendah disarankan untuk penyelam memakai baju selam yang berguna untuk menghangatkan tubuh sekaligus sebagai pelindung dari karang yang tajam. Namun snokling sekarang bukan hanya olahraga yang dipertandingkan sebagai perlombaan tetapi sudah menjadi sebuah hiburan untuk beberapa orang yang menyukai dunia menyelam. Cabang olahraga ini bisa dilakukan di berbagai pantai yang memiliki keindahan bawah lautnya yang memiliki kedalaman yang dangkal.

Arum Jeram

Arum Jeram via: berita-sulsel.com

5. Arum jeram
Sungai bisa menjadi tempat untuk melakukan sebuah olahraga, salah satunya adalah untuk melakukan olahraga arum jeram. olahraga yang termasuk cabang-cabang olahraga air ini dilakukan dengan menggunakan peralatan seperti kano, dayung dan perahu karet. Arum jeram merupakan olahraga yang menggabungkan unsur edukasi, olahraga, rekreasi dan petualangan. Adanya unsur petualangan dikarenakan olahraga ini termasuk olahraga yang cukup ekstrem jadi sangat menantang dan juga menguji nyali Anda. olahraga ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan dan suka menguji adrenalin.

Selancar

Selancar via : blog.bravofly.co.id

6. Selancar
Olahraga selancar hanya dan bisa dilakukan di daerah pantai yang memiliki ombang yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan selancar merupakan olahraga yang mengharuskan peselancar untuk berdiri dan menjaga keseimbangan ketika berdiri di papan selancar yang digerakkan oleh ombak laut.
Olahraga ini menjadi salah satu cabang-cabang olaraga air yang ekstrem dan juga menguji adrenalin. Namun walaupun sedikit berbahaya, olahraga ini dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh antara lain sebagai berikut.

  1. Dapat melancarkan sistem peredaran darah.
  2. Dapat meningkatkan keseimbangan dalam tubuh.
  3. Dapat membuat badan menjadi lebih sehat.
  4. Dapat membentuk badan yang ideal karena seringnya otot dipaksa untuk bergerak.
  5. Dapat menjadi sebuah hiburan ketika rasa jenuh muncul.
Kano

Kano via : fotos.teleview.eu

7. Kano
Mungkin Anda masih sedikit kurang familiar dengan olahraga yang satu ini. Kano merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara menggunakan kano atau perahu kecil yang kedua ujungnya memiliki bentuk yang lancip dan memakai tenaga manusia yaitu dengan cara didayung. Perahu yang digunakan biasanya hanya dapat dikendarai maksimal untuk dua orang saja. Salah satu cabang-cabang olahraga air ini sangat membutuhkan kecepatan dalam mendayung dan juga keseimbangan yang baik. Olahraga ini juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi liburan Anda. Selain itu, kano juga bisa bermanfaat bagi tubuh.

  1. Bisa melatih kekuatan otot pada lengan sehingga lengan Anda akan kencang dan tidak bergelambir.
  2. Membakar lemak dalam tubuh Anda sehingga dapat digunakan untuk yang sedang ingin menurunkan berat badan.
  3. Dapat menguatkan genggaman tangan. Hal itu bisa didapatkan karena olahraga ini menggunakan kekuatan manusia yaitu mendayung untuk menggerakkannya.
Selam Bebas

Selam Bebas via: 2dayanotherday.files.wordpress.com

8. Selam bebas
Cabang olahraga air yang selanjutnya adalah selam bebas atau bisa juga disebut freediving. Olahraga selam ini berbeda dengan olahraga selam pada umumnya karena disini para penyelam tidak menggunakan alat selam sama sekali. Jadi, penyelam hanya mengandalkan kekuatan untuk menahan nafas ketika sedang menyelam. Jadi intinya olahraga ini sangat mengandalkan fungsi paru-paru dan juga keahlian dalam menahan nafas yang lama dan juga benar. Sehingga olahraga ini termasuk olahraga yang cukup ekstrem untuk dilakukan. Oleh karena itu, olahraga ini memang sedikit beresiko untuk dilakukan. Jadi disarankan dalam melakukan olahraga ini harus melalui latihan khusus yang dilakukan secara rutin.

Olahraga merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Hal tersebut dikarenakan olahraga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Jenis olahraga ini sangatlah banyak yang salah satunya adalah olahraga air. Ternyata olahraga air saat ini sudah banyak sekali cabangnya. Cabang-cabang olahraga air diantaranya ada renang, selam bebas, kano, renang indah polo air dan sebagainya yang juga bermanfaat bagi tubuh.

Macam Macam Olahraga Air Beserta Penejelasan dan Gambarnya | perpus | 4.5
Leave a Reply