Teknik Dasar Cara Memegang Raket Permainan Bulutangkis Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Cara Memegang Raket Permainan Bulu tangkis atau badminton yang benar merupakan hal terpenting. Karena jika kita menguasai teknik ini dengan benar maka permainan kita dalam pertandingan badminton pasti juga akan maksimal dan dapat bermain dengan baik dan benar. Memegang raket dengan benar maka akan dapat membuat pukulan kita lebih maksimal baik saat melakukan smash maupun saat menerima smash.

Namun teknik memegang raket dengan baik tidak semudah yang kita bayangkan, perlu dilakukan latihan yang rutin dan serius untuk mendapatkannya. Selain itu juga perlu mengetahui secara teori macam macam teknik dasar memegang raket, karena dengan mengetahui secara teori dapat mempercepat kita dalam latihan tersebut. Untuk Anda yang ingin tahu latihannya, berikut ini kami bagikan untuk Anda.

Cara Memegang Raket Permainan Bulutangkis :
1. Forehand Grip
2. Backhand Grip
3. American Grip
4. Combination Grip

Teknik Dasar Cara Memegang Raket Pada Permainan Bulu Tangkis :

Cara Memegang Raket Forehand Grip Badminton

Cara Memegang Raket Forehand Grip Badminton (tutotialolahraga)

1. Cara Memegang Raket Forehand Grip Badminton
Raket berada pada posisi miring, kemudian dipegang oleh ibu jari dan jari telunjuk seperti tangan mengepal. Posisi pegangan tidak boleh berubah ubah, usahakan bentuk pegangan selalu menyerupai seperti huruf V. Saat memegang raket pastikan anda tetap rileks dan tidak kaku sehingga pukulan yang Anda hasilkan sangat kuat.

Cara Memegang Raket Backhand Grip Badminton

Cara Memegang Raket Backhand Grip Badminton (tutotialolahraga)

2. Cara memegang Raket Backhand Grip
Teknik kedua adalah dengan teknik backhand grip, cara ini hampir sama dengan forehand namun posisi pegangan sedikit masuk kedalam. Untuk pegangan tangan berada pada raket yang lebar, gunakan kekuatan pergelangan tangan untuk melakukan latihan pukulan ke kanan atau kekiri dan belakang ke depan.

Cara Memegang Raket Teknik American Grip

Cara Memegang Raket Teknik American Grip

3. Cara Memegang Raket Teknik American Grip
Ibu jari dengan jari telunjuk menempel pada bagian pegangan raket yang luas atau lebar. Pada teknik ini sangat cocok digunakan untuk smash, namun sulit digunakan jika melakukan netting. Untuk cara memegangnya seperti yang ada gambar di atas.

Baca juga : Ukuran Lapangan Bulutangkis

4. Cara Memengang Raket Teknik Combination Grip
Tenik ini adalah cara memegang raket dengan kombinasi beberapa teknik di atas. Penyesuaian pegangannya sesuai dengan arah datangnya suttlecok, jadi skill sang pemain sangat menentukan teknik ini. Untuk melatihnya, sesering mungkin lakukan perpindahan pegangan raket agar saat bertanding tangan Anda tidak kaku.

Teknik Cara Memegang Raket di atas dapat Anda latih di rumah, namun jangan lupa kekuatan tangan adalah kunci dari kekuatan pukulan. Oleh karena itu lakukan latihan kekuatan pergelangan tangan dengan push up atau mengangkat beban atau cara lainnya yang tidak membuat cedera.

Teknik Dasar Cara Memegang Raket Permainan Bulutangkis Beserta Gambarnya | perpus | 4.5