Macam Macam Cabang Olahraga Permainan Lengkap Beserta Dengan Pengertiannya

Cabang Olahraga Permainan

Cabang Olahraga Permainan – Sekarang ini jenis olahraga sudah banyak mulai dari olahraga air, olahraga atletik, olahraga permainan, dan lain sebagainya. Semua olahraga tersebut tentunya memiliki cabang olahraganya masing-masing. Salah satunya adalah olahraga permainan. Olahraga permainan ini merupakan olahraga yang biasanya dilakukan oleh dua tim yang saling bertanding untuk memperebutkan kemenangan.

Dalam hal ini olahraga permainan memiliki banyak cabang olahraga. Cabang cabang olahraga permainan biasanya berkaitan dengan permainan bola jenis apapun. Bagi Anda yang masih belum mengetahui beberapa cabang-cabang olahraga permainan yanga da, berikut adalah penjelasannya.

Cabang Olahraga Permainan Bola Besar dan Bola Kecil:

  1. Permainan Sepak bola.
  2. Futsal.
  3. Bola Basket.
  4. Sepak takraw.
  5. Bola Voli.
  6. Badminton.
  7. Tenis Lapangan.
  8. Tenis meja.
  9. Hoki.

1. Sepak bola
Sepak bola menjadi salah satu dari cabang olahraga permainan bola besar. Hal ini dikarenakan sepak bola dilakukan dengan cara mengadu kedua tim yang berbeda untuk dapat memperebutkan kemenangan. Olahraga ini dilakukan oleh dua tim yang masing-masing berjumlah sebelas orang dan dilakukan di sebuah lapangan dengan luas yang cukup lebar. Sepak bola ini dilakukan dengan dua babak permainan. Setiap babaknya memiliki waktu sebanyak empat puluh lima menit jadi jika ditotal maka dalam satu kali pertandingan sepak bola membutuhkan waktu sekitar sembilan puluh menit. Dalam permainan ini tentunya para pemain harus dibekali dengan berbagai keahlian seperti teknik merebut bola yang benar, teknik pernafasan yang baik dan juga kondisi fisik yang prima.

Baca juga: Ukuran Lapangan Sepakbola

2. Futsal
Olahraga yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan sepak bola tetapi dalam permainan futsal ini dilakukan di lapangan khusus yang ukurannya lebih kecil bila dibandingkan dengan lapangan yang digunakan untuk permainan sepak bola. Selain itu, jumlah pemainnya juga berbeda, untuk futsal sendiri pemain yang dibutuhkan hanya berjumlah sekitar lima orang pada setiap timnya.

Selain itu juga waktu pertandingannya relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan sepak bola. Alokasi waktu untuk permainan futsal ini sekitar dua puluh menit untuk satu babak permainan. Jadi jika ditotal, waktu yang dibutuhkan untuk permainan futsal ini adalah sekitar empat puluh menit karena terdiri dari dua babak permainan.

3. Bola Basket
Olaharaga yang satu ini menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati oleh anak sekolah. Olahraga ini dilakukan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang. Olahraga yang masuk dalam cabang olahraga permainan ini dilakukan dengan cara memasukkan bola ke ring lawan sebanyak mungkin. Waktu permainan dari basket ini ada dua versi. Versi yang pertama ini berdasarkan federasi bola basket internasional bahwa dalam satu babak alokasi waktu yang diberikan adalah sekitar sepuluh menit.

Sedangkan menurut Nasional Basketball Association alokasi waktu yang diberikan setiap babaknya adalah sekitar dua belas menit. Dalam hal ini. Permainan ini dilakukan dengan empat babak permainan dengan alokasi yang telah dijelaskan tadi. Olahraga ini dilengkapi dengan dua wasit. Wasit yang pertama biasa disebut dengan referee dan wasit yang kedua disebut umpire.

4. Sepak takraw
Satu lagi permainan yang termasuk dalam cabang cabang olahraga permainan yaitu sepak takraw. Olahraga ini dilakukan oleh dua regu dengan jumlah anggota masing-masing tiga orang dengan satu pemain cadangan. Satu pemain berada di bagian belakang sedangkan dua pemain lainnya berada di depan pada posisi kanan dan kiri.Dalam melakukan sepak takraw ini, pemain dilarang menggunakan tangannya karena permainan ini dilakukan dengan menggunakan kaki. Bola boleh tersentuh tangan sekitar tiga kali berturut-turut. Intinya para pemain hanya boleh menggunakan kakinya untuk menendang bola yang sudah menjadi aturan mainnya.

5. Bola Voli
Voli merupakan salah satu olahraga yang dilakukan dengan cara memindahkan bola dengan melewati net yang telah di sediakan dengan tujuan agar bola tersebut jatuh ke tempat lawan sehingga akan menambah poin dan memperoleh kemenangan. Voli ini dilakukan oleh dua regu yang masing-masing berjumlah 6 orang yang posisinya berpindah sehingga tidak tetat.

Untuk batas poinnya yaitu mencapai 25 poin jadi bagi tim yang mencapai poin 25 maka tim tersebut dinyatakan menang. Sedangkan untuk lapangannya sendiri harus memiliki ukuran sekitar 9×18 meter. Jadi salah satu cabang-cabang olahraga permainan ini juga harus dilakukan dengan menggunakan bola khusus voli yang memiliki ukuran kelilingnya adalah enam cm dan berat 260 gram sampai 280 gram.

6. Badminton
Badminton atau kadang disebut dengan bulu tangkis ini merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara memukul kok agar melewati net dan jatuh di area lawan sehingga akan mendapatkan poin. Dalam memainkan badminton ini biasanya membutuhkan batas poin yaitu 21 poin. Jadi jika ada pemain yang telah memenuhi poin tersebut sebabnya dua kali babak permainan maka pemain tersebut dinyatakan menjadi pemenangnya.

Namun jika setiap pemain dari kedua kubu tersebut sama-sama menang dalam satu babak maka perlu diadakan babak ketiga untuk menentukan pemenangnya. Olahraga yang termasuk dalam cabang olahraga permainan ini memiliki beberapa cabang permainan yaitu permainan ganda putra, permainan ganda putri, permainan tunggal putra, permainan tunggal putri dan permainan ganda campuran.

7. Tenis
Sebenarnya pemainan olahraga tenis ini sebenarnya hampir mirip dengan bulu tangkis dalam hal tujuannya namun yang membedakan dari kedua permainan ini adalah jika badminton menggunakan shuttlecock maka untuk tenis ini menggunakan bola yang ukurannya termasuk kecil dan menggunakan raket khusus tenis yang ukuran dan beratnya lebih besar dari raket untuk badminton. Salah satu olahraga yang masuk dalam cabang-cabang olahraga permainan ini ternyata memiliki beberapa teknik permainan yaitu smash, passing shot, slice, spin, backhand, forehand, groundstroke, dan volley yang bisa dilakukan ketika permainan berlangsung untuk mengalahkan lawan.

8. Tenis meja
Walaupun memiliki nama yang hampir sama namun permainan dan alat yang digunakan berbeda. Permainan tenis meja ini dilakukan dengan menjatuhkan bola ke daerah lawan sehingga dengan begitu akan mendapatkan poin. Dalam olahraga yang masuk dalam kategori olahraga permainan ini menggunakan sarana berupa meja yang memiliki ukuran yang telah ditentukan panjang, lebar dan tingginya.

Olahraga ini dilakukan oleh dua regu baik itu tunggal maupun ganda. Permainan ini dilakukan dengan 3 sampai 4 set permainan dengan poin yang dicapai yaitu 11 poin. Untuk peralatannya seperti bola pimpong ini hanya berdiameter kecil yaitu sekitar 40 mm dan dengan berat sekitar 2,4 gram karena memang terbuat dari plastic. Kemudian peralatan yang lain adalah raket yang semua bahan pembuatannya menggunakan kayu.

Baca juga: Ukuran Lapangan atau Meja Tenis Meja

9. Hoki
Olahraga ini merupakan olahraga yang dilakukan oleh dua regu dengan jumlah anggota sekitar sebelas orang yang sudah termasuk penjaga gawang. Permainan ini sebenarnya mirip dengan sepak bola karena harus memasukkan bola ke dalam gawang yang dimiliki oleh lawan. Namun yang membedakannya adalah permainan hoki ini menggunakan bola yang berbeda dengan sepak bola berbentuk pipih yang digiring menggunakan sebuah tongkat hoki untuk dimasukkan ke dalam gawang lawan. Dalam permainan yang masuk dalam olahraga permainan ini terdapat tiga tipe permainan yaitu hoki lapangan, hoki es, dan hoki ruangan yang dibedakan karena tempat yang digunakan.

Cabang-cabang olahraga permainan ini biasanya dilakukan oleh dua orang atau dua regu dan biasanya menggunakan media seperti bola dan shuttlecock. Inti dari olahraga ini adalah mengalahkan lawan dengan memasukkan bola ke area lawan sehingga pemain akan mendapatkan poin dan meraih kemenangan.

Macam Macam Cabang Olahraga Permainan Lengkap Beserta Dengan Pengertiannya | perpus | 4.5
Leave a Reply