Macam Macam Cabang Olahraga Altetik dan Penjelasannya Beserta Gambarnya

Cabang Olahraga Atletik

Cabang Olahraga Altetik – Sekarang ini sudah banyak sekali bermunculan jenis-jenis dari olahraga, seperti olahraga senam, olahraga air, olahraga atletik dan olahraga lainnya. Dalam setiap cabang olahraga saja terdapat banyak sekali jenis olahraganya. Salah satu yang menjadi pelopor dari cabang olahraga lainnya adalah olahraga altetik.

Cabang atletik ini merupakan nomor olahraga pertama yang dipertandingkan dalam olimpiade pertama yang diselenggarakan pada tahun 776 SM. Oleh karena itu olahraga altetik ini menjadi salah satu cabang olahraga tertua sekarang ini. Dalam olahraga atletik terdapat beberapa jenis olahraga yang masuk dalam macam macam olahraga altetik. Jenis olahraga yang masuk dalam kumpulan  cabang olahraga atletik ini adalah sebagai berikut.

Cabang Olahraga Atletik:

  1. Tolak peluru
  2. Lempar lembing
  3. Lempar cakram
  4. Lompat tinggi
  5. Lompat galah
  6. Lari jarak pendek
  7. Lompat jauh
  8. Lari jarak jauh
  9. Lari estafet
  10. Panahan
  11. Lompat indah

Macam Macam Cabang Olahraga Atletik Beserta Gambarnya:

1. Tolak peluru
Cabang Olahraga Atletik Tolak PeluruSalah satu olahraga yang masuk cabang-cabang olahraga atletik yang pertama adalah tolak peluru. Olahraga ini pasti sudah sangat familiar dikalangan masyarakat karena olahraga ini juga diajarkan ketika sekolah.  Tolak peluru ini merupakan sebuah olahraga yang menggunakan bola pejal yang terbuat dari besi sebagai sarananya.  Dalam melakukan olahraga tolak peluru ini ada beberapa cara atau teknik yang bisa diterapkan agar dalam melakukannya tidak akan mengalami cedera.

Baca juga: Teknik Dasar Tolak Peluru

2. Lempar lembing
Cabang Olahraga Atletik Lempar LembingLempar lembing merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam kategori olahraga altetik. Lempar lembing ini merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara melemparkan lembing yang berbentuk seperti tongkat dan bila lembing yang dilemparkan memiliki jarak yang jauh maka nilainya juga tinggi.Intinya semakin jauh jarak lembing yang dilempar maka semakin banyak pula nilai yang didapatkan.Untuk melakukan olahraga ini tentunya ada ketentuan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti berikut ini.

Untuk perempuan

  • Lembing yang dipakai harus memiliki panjang 2,2 sampai 2,3 meter.
  • Berat minimal lembing yang digunakan adalah 600 gram.
  • Pusat gravitasinya terletak pada jarak 0,8 sampai 0,92 meter.

Untuk laki-laki

  • Lembing yang dipakai harus memiliki panjang sekitar 2,6 sampai 2,7 meter.
  • Berat minimal dari lembing yang digunakan adalah 800 gram.
  • Pusat gravitasinya terletak pada jarak 0,9 sampai 1,06 meter.

3. Lempar cakram
Cabang Olahraga Atletik Lempar CakramLempar cakram merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara melemparkan cakram yang berbentuk seperti piringan dan dilakukan dengan menggunakan lapangan yang berkriteria khusus. Untuk melakukan olahraga yang  termasuk dalam cabang-cabang olahraga atletik ini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara dan teknik yang tepat .

4. Lompat tinggi
Lompat tinggi ini termasuk dalam olahraga altetik. Olahraga lompat tinggi ini pasti sudah banyak yang mengetahui karena memang olahraga ini juga diajarkan saat di sekolah. Teknik dalam melakukan olahraga ini adalah dengan cara melompati bilah yang telah diletakkan pada tiang yang telah disediakan dan telah memiliki ukuran tinggi. Semakin tinggi jarak yang bisa Anda lompati maka semakin baik nilai yang didapat. Selain itu dalam olahraga ini yang juga memperhatikan cara dalam mendarat setelah melakukan lompatan tersebut. Hal itu juga masuk dalam penilaian pada cabang olahraga ini.

Baca juga: Macam Macam Cabang Olahraga Permainan

5. Lompat galah
Lompat galah ini sebenarnya hampir sama dengan lompat tinggi karena sama-sama melompati bilah dalam ukuran tinggi yang telah ditentukan. Namun yang sedikit membedakan dari kedua cabang olahraga ini adalah jika lompat galah ini tidak menggunakan kaki ketika melakukan lompatan melainkan dengan menggunakan galah sebagai sarana untuk melakukan lompatan tersebut.Olahraga yang masuk dalam cabang-cabang olahraga atletik ini merupakan olahraga yang sering dilombakan dalam olimpiade. Jadi olahraga ini menjadi sala satu olahraga yang banyak dikenal oleh masyarakat.

6. Lari jarak pendek
Lari jarak pendek merupakan jenis olahraga lari yang menempuh jarak yang relatif lebih pendek yaitu hanya 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. lari jarak pendek ini merupakan cabang-cabang olahraga atletik yang memperhitungkan kecepatan dalam mencapai finish. Jadi intinya adalah semakin cepat mencapai finis maka semakin baik pula hasilnya. Biasanya dalam melakukan olahraga ini menggunakan start jongkok.

7. Lompat jauh
Lompat jauh ini adalah cabang-cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melakukan lompatan sejauh mungkin dengan memperhitungkan pijakan yang telah ditentukan. Maksudnya Anda harus melakukan lompatan dengan menginjak batas yang telah ditentukan. Jika Anda tidak menginjak batas tersebut maka lompatan yang dilakukan tidak dihitung.Biasanya dalam melakukan olahraga ini menggunakan tempat yang memiliki pasir sebagai tempat mendaratnya seperti yang telah dilakukan di sekolah-sekolah.

8. Lari jarak jauh
Salah satu olahraga yang masuk dalam cabang olahraga atletik lari ini merupakan olahraga lari yang menempuh lintasan yang memiliki jarak yang cukup jauh yaitu 5000 meter, 3000 meter dan 10000 meter. Olahraga yang juga biasa disebut sebagai lari marathon ini dilakukan menggunakan teknik yang berbeda dengan lari jarak pendek.Jika pada lari jarak pendek, pelari disarankan untuk berlari sekencang-kencangnya maka pada lari marathon ini mengharuskan pelari untuk bisa mengatur tempo larinya agar nantinya pelari tidak kehabisan tenaga. Sebelum melakukan lomba marathon ini sebaiknya para pelari melatih pernafasannya karena tentunya hal ini sangat berguna ketika melakukan perlombaan ini.

Baca juga: Ukuran Lapangan Lompat Jauh

9. Lari estafet
Lari estafet dilakukan oleh satu kelompok yang terdiri dari beberapa pelari. Dalam hal ini, perlombaan ini dilakukan dengan cara lari sambung yang menggunakan tongkat kecil sebagai medianya. Jarak tempuh dari lari estafet ini adalah 400 meter dan juga 1600 meter. Dalam melakukan lari estafet ini sangat membutuhkan yang namanya kerjasama tim. Sehingga dengan begitu maka hasil yang didapatkan juga tidak mengecewakan.

10. Panahan
Panahan ternyata termasuk dalam cabang-cabang olahraga altetik. Panahan ini merupakan olahraga yang dilakukan dengan  cara menarik anak panah menggunakan busur panah untuk di arahkan ke lintasan berbentuk lingkaran yang telah ditentukan jaraknya. Olahraga ini tentunya sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi, akurasi yang tepat dan tenaga yang kuat sehingga panah bisa tertancap pada posisi yang tepat. Dalam melakukan olahraga ini tentunya membutuhkan teknik yang benar yang sangat perlu dipahami dan di pelajari. Bila menggunakan teknik yang benar maka cedera bisa dihindari.

11. Lompat indah
Cabang-cabang olahraga atletik selanjutnya adalah lompat indah. Olahraga ini dilakukan dengan cara melakukan lompatan aerobic ketika berada di udara. Olahraga ini dilakukan dengan jarak yang telah ditentukan. Lompat indah ini awalnya merupakan olahraga yang hanya dilakukan di Negara-negara di benua Eropa sana. Namun seiring dengan berjalannya waktu, olahraga ini sudah diselenggarakan di setiap Negara baik pada perlombaan sekala kecil hingga besar.

Cabang olahraga atletik ternyata memiliki jumlah yang cukup banyak. Olahraga yang termasuk dalam cabang olahraga ini diantaranya adalah lompat tinggi, lompat jauh, lari jarak jauh, lari jarak pendek, lari estafet, lari marathon, panahan, lompat indah dan lain sebagainya. Dalam melakukan semua olahraga tersebut tentunya harus menggunakan teknik yang benar dan tepat sehingga dapat menghindari akan terjadinya cedera. Semoga ulasan tersebut bisa menjadi pengetahuan dan ilmu untuk Anda sehingga dapat memperluas wawasan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Macam Macam Cabang Olahraga Altetik dan Penjelasannya Beserta Gambarnya | perpus | 4.5
Leave a Reply