Arti dan Makna Lambang Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara Indonesia

Arti dan Makna Lambang Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara Indonesia – Lambang negara Indonesia adalah burung Garuda. Lantas, apa Arti lambang garuda Indonesia? Sehingga lambang ini dijadikan sebagai ciri khas dari bangsa Indonesia? Burung garuda yang menjadi lambang negara Indonesia ini memiliki warna kuning keemasan. Burung Garuda ini mengepakkan sayapnya dengan berani dan gagah sambil menolehkan kepalanya ke arah kanan, makna lambang garuda menghadap ke kanan ini melambangkan kebenaran dan kebaikan.

Lambang Garuda Pancasila

Lambang Garuda Pancasila

Di dalam tubuh burung garuda, terdapat lima dasar Pancasila. Kemudian pada bagian tamengnya, terdapat garis tebal yang diketahui memiliki makna sebagai garis khatulistiwa. Sementara kedua kakinya dengan kekar dan kuat mencengkeram semboyan bangsa Indonesia yang tentunya dikenal oleh seluruh bangsa Indonesia yakni “Bhinneka Tunggal Ika”. Semboyan ini artinya adalah walaupun berbeda-beda, tapi tetap satu tujuan.

Arti dan Sejarah Lambang Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara Indonesia :

Arti lambang garuda Indonesia memang sangat menarik untuk dibahas karena garuda adalah maskot membanggakan yang menjadi cerminan masyarakat tanah air. Garuda dipilih oleh Indonesia sebagai lambang negara tentunya bukan tanpa sebab. Garuda adalah burung yang dikenal gagah, berani, penuh percaya diri, dinamis dan energik. Sebagai lambang negara, Garuda diibaratkan sebagai bangsa Indonesia yang gagah berani dalam mempertahankan wilayah. Meskipun demikian, burung Garuda juga dikenal karena sifatnya yang menghormati milik orang lain tanpa memandang rendah dan menjatuhkannya. Tak hanya itu, burung garuda juga diketahui sebagai burung yang setia dalam melakukan kewajibannya.

Burung Garuda yang pemberani dan pantang menyerah juga diabadikan dalam peninggalan candi dan prasasti di Indonesia sejak abad yang ke-15. Arti lambang garuda Indonesia juga mencerminkan pengorbanan dan keberhasilan para pahlawan dalam meraih cita-cita bangsa yakni menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan juga makmur. Kemerdekaan Indonesia yang diperoleh pada 17 Agustus 1945 juga tertera dengan jelas di lambang garuda. Tanggal 17 ada pada bulu sayapnya yang membentang dengan gagah. Dimana jumlah bulu sayap burung garuda Pancasila tersebut jika dihitung ada 17 helai. Bulu pada bagian ekor burung Garuda terdapat 8 helai bulu yang melambangkan bulan ke 8 yakni bulan Agustus dan pada bulu lehernya terdapat 45 helai bulu yang tentu saja melambangkan tahun Indonesia yakni tahun 1945.

Baca juga : Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia

17 Agustus 1945 adalah tanggal, bulan dan tahun yang sangat bersejarah untuk masyarakat Indonesia. Karena setelah sekian lama dijajah oleh negeri asing, Indonesia berhasil memproklamirkan kemerdekaannya dan dianggap sebagai negara yang berdaulat di mata negara lainnya. Jadi tidak mengherankan jika lambang burung garuda mengandung makna filosofis, sosiologis, historis dan geografis yang sangat mencerminkan bangsa Indonesia.

Selain dilihat dari bulunya, Arti lambang garuda Indonesia juga bisa diketahui dari berbagai visual lain yang ditampilkan. Salah satunya adalah perisai yang melambangkan pertahanan negara. Kemudian adanya garis horizontal yang menggambarkan garis khatulistiwa. Karena seperti yang diketahui, Indonesia adalah negara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Selain itu, adapula emblem yang masing-masing memiliki pengertian yang berbeda-beda. Lambang Pancasila sila 1-5 juga ada di lambang Garuda, yang pertama adalah bintang tunggal yang melambangkan sila kesatu.

Selanjutnya ada gambar rantai emas yang melambangkan sila kedua, pohon beringin yang melambangkan sila ketiga, kepala banteng untuk sila keempat. Terakhir, gambar padi dan kapas yang melambangkan sila kelima. Sekedar informasi, orang yang pertama kali merancang Lambang Garuda Pancasila adalah Sultan Hamid II yang selanjutnya disempurnakan oleh presiden pertama RI, Ir Soekarno. Sekian penjelasan terkait Arti lambang garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara Indonesia, semoga bermanfaat untuk Anda.

Arti dan Makna Lambang Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara Indonesia | perpus | 4.5